Friday, December 28, 2012

Camping Ground @ Curug Sawer

Sebenarnya rencana berkemah sudah lama ada di benak..tapi entah kenapa selalu tertunda...
Dan setelah sekian lama tertunda, akhirnya rencana itu bisa terwujud...
Pertengahan Juni 2012 kami menuju ke camping ground di daerah Gunung Malang, Bogor tepatnya di Curug Sawer yang dikelola oleh Global Edu Camp.

Curug Sawer adalah salah satu kawasan air terjun yang terletak di kaki Gunung Salak, Bogor. Letaknya cukup tersembunyi, oleh karena itu keberadaannya belum banyak diketahui oleh publik.


Salah satu bagian dari keindahanan tempat ini adalah untuk menuju ke camping ground kita harus menyusuri pematang sawah, turun naik sembari mendengarkan gemericik air sungai.
Padi yang hijau dan menguning, kebun-kebun pisang, dan pohon bambu yang meliuk ditiup angin terlihat bagaikan harmoni alam yang saling melengkapi satu sama lain.


Di bawah bangunan utama, persis di depan Curug Sawer terhampar lapangan hijau tempat kita bisa bercengkrama, bahkan bermain bola sembari menikmati segarnya air terjun.
Curugnya tidak terlalu tinggi, tapi ketika dipadukan  dengan hamparan lapangan hijau, rumpun pisang, rumpun bambu serta hamparan padi di sekelilingnya, Curug Sawer menjelma menjadi surga yang tersembunyi, Subhanallah....


Siang itu, sesampainya di lokasi yang kami lakukan hanyalah bersantai menikmati suasana yang ada...
Ketika sore menjelang dan matahari sudah tidak terlalu terik adalah saat terbaik untuk bermain di sekitar air terjun.



Untuk lokasi camping groundnya sendiri terletak di hamparan rumput dekat dengan bangunan utama, dan sudah tersedia tempat untuk membuat api unggun.


Paket kemping sudah tersedia, tinggal kita menentukan seberapa kebutuhan kita. Bahkan untuk keperluan makan pagi, siang dan malam pun tidak perlu repot...semua bisa disediakan.

Setelah makan malam, acara yang ditunggupun tiba...yaitu menyalakan api unggun.
Sebelum api unggun dinyalakan, anak-anak yang hanya berjumlah 3 orang diajak bermain oleh EO-nya (Om Arbain). Tebak-tebakan, gerak dan lagu...benar-benar menyenangkan malam itu....


Yang tidak ketinggalan adalah acara membakar jagung....


Pagi harinya acara yang akan dilakukan adalah trekking ke sumber air panas.
Jalur trekking ini cukup melelahkan buat anak-anak yang masih pemula, tapi cukup menyenangkan kok...
Apalagi jalur yang dilalui adalah melintasi pematang sawah yang licin, melompati anak sungai, mendaki bukit, melewati daerah pedesaan...sementara udara segar, lagit biru serta di depan mata Gunung  Salak tegar menjulang tinggi.... Sungguh memanjakan mata dan jiwa.... Alhamdulillah.



Sumber mata air panasnya tidak terlalu besar, tapi cukup jernih dan menjadi pengalaman berharga buat anak-anak yang selama ini belum pernah mandi di kali....


Sungguh berada di tempat ini sehari semalam dengan panorama alam serta kesejukannya membuat kami betah berlama-lama di tempat ini. Suatu saat nanti kami akan kembali... InsyaAllah.




1 comment:

  1. salam kenal.
    mdh2an informasi ini bermanfaat.
    Jika nanti perlu untuk merental sepeda untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan/ event-event tertentu, khususnya buat teman-teman eo yang mau mengadakan kegiatan / event bersepeda, kami berharap bisa menghubungi My Bike yang khusus merentalkan sepeda. My Bike ada di bandung di jln. jalaprang, no. 3 surapati depan kantor imigrasi bandung. untuk lebih jelasnya, klik aja website my bike di : www.rentalsepeda.com
    thx ya, Arnold
    0817 230 8338

    ReplyDelete