Tuesday, December 12, 2017

Belitong Day-2: Belitong Timur (Beltim)......*


Manusia boleh berencana tapi Alloh SWT lah yg menentukan. Malam pertama di Belitong ternyata hujan mengguyur sejak dini hari sampe pagi. Yg tadinya rencana mau naik boat keliling pulau terpaksa hrs di rescheduled, dgn pertimbangan selain dingin, angin cukup kencang juga foto yg bakalan gak maksimal hasilnya.
Pulau Belitung ini bagian dr propinsi Babel (Bangka Belitung) dan Beltim atau Belitong Timur ini adalah salah satu dr dua kabupaten yg ada di P. Belitung. Beltim yg sedianya di kunjungi hari terakhir justru dibalik ke hari pertama krn di Beltim ini hampir semua obyek yg dituju berada di daratan & gak pake main air.
Obyek pertama adalah SD Muhammadiyah Gantong. Ini adalah replika SD sang penulis novel Laskar Pelangi, SD yg sebenarnya sdh tdk berbekas.





Tepat di seberang jalan SD Muhammadiyah Gantong terdapat dermaga Kirana (rumah keong) yg biasanya mjd tempat utk menambatkan perahu2 kecil di danau buatan ini. Disini ada replika rumah keong dianyam indah dr rotan.




Dari sini kita langsung ke museum andrea hirata dimana karya2 sastra sang penulis novel laskar pelangi ini dipajang disepanjang dinding, lantai seisi rumah.




Sak plinthengan dr lokasi ini berdiri rumah ortu dr ahok yg sampe saat ini msh ditinggali oleh ibunya & disampingnya dijadikan galeri batik simpor.


Lepas dari sini kami ngejungak ke kantor Dinas Kebudayaan & Pariwisata Beltim. Di tempat ini mbak guide nya lancar ngejelasin potensi pulau belitong, adat budaya & makanan penduduk asli belitong, mengenalkan binatang buaya beneran yg msh byk berkeliaran di rawa2 belitong & tarsius yg kepalanya bisa berputar hampir 270° diakhiri dgn berfoto 3 dimensi.

 Tarsius

 Baju adat Belitong

Selesai ngejungak kita langsung meluncur ke rumah makan Fega utk menyantap hidangan favorite Belitong yaitu gangan dan kawan2nya. Ini mustinya lunch tp disantap hampir jam 4 sore....hehe



Sebelum meninggalkan Beltim kami sempat mampir ngejungak ke kuil dewi kwan dan pantai burung mandi, cuma sayangnya hanya bapak2 yg mandi disini....hehe


Hari ke-2 diakhiri santap malam di resto wan bie dgn menu bedulangan, menu khas Belitong. Disini nyoba kopi susu lahat (Palembang) yg kesohor itu. Selama hidup baru ngerasain 2 kopi susu yg takaran & rasanya pas bener menghasilkan cita rasa yg luar biasa, pait kopi dan manis gurih susunya saling bergulat memperebutkan siapa yg duluan & dominan menggapai indera pengecap di lidah........
😀
Kopi Susu

Makan Bedulang


#alhamdulillah
Belitong, 20 syawal 1438H/14 july 2017 9
00am

No comments:

Post a Comment