Wednesday, June 22, 2016

Dubai (Uni Emirate Arab) ~ 29 Dec 2015 - 2 Jan 2016

Dubai....
Kota metropolitan di tengah gurun, yang merupakan salah satu emirat di wilayah Uni Emirat Arab (UAE).
Kota di jazirah Arab yang serba "Ter" ini mau apa aja ada....asal ada duitnya (hiks).


 Dubai Marina

Sebagai informasi, untuk pemegang pasport Indonesia agar bisa  masuk ke UAE harus menggunakan visa. Dan sedikit beruntung, kami pemegang Qatar ID (salah satu negara GCC) bisa lebih sederhana proses pembuatan visanya (online) karena syarat-syaratnya lebih sedikit.

Jalan-jalan keliling Dubai ternyata sangat gampang kok...semua sudah terhubung oleh jalur metro.
Cukup beli Metro Card di counter2nya kita sudah bisa jalan-jalan keliling Dubai sepuasnya...mudah dan murah. 
Untuk turis beli aja yang silver, harganya kalau belum berubah AED 25, berlaku 5 tahun dan nantinya bisa di top up di vending machine (tiap stasiun ada).
Jadi begitu keluar bandara langsung aja cari petunjuk arah ke Metro, nanti disitu akan ketemu counter penjualan metro card.

Dan seperti biasa,  kami sekeluarga kalau sedang jadi turis, untuk keliling kota senengnya menggunakan Bis Hop On Hop Off (Big Bus atau brand lainnya Bus City Sightseeing). Karena bisa keliling kota sepuasnya, diantar ke tempat-tempat terkenal di kota itu lengkap dengan cerita sejarahnya. Plus suka dikasih diskonan dan ada free complement nya.

Seperti paket Dubai ini, ada free untuk tiket masuk Atlantis Dubai Aquarium, free desert tour, free canal tour, free marina boat tour, free night tour, ada beberapa lagi yang lain..tapi lupa saking banyaknya...dan nggak tercover untuk paket 2 hari.


Seperti halnya orang-orang yang ke Dubai pertama kali, pasti penasaran dong pengen liat iconnya Dubai yang ada di film Mission Impossible - Ghost Protocol...iyaa... Burj Khalifa.
Untuk menuju ke Burj Khalifa, jika anda menggunakan metro, bisa turun di stasiun Dubai Mall.
Dari stasiun ini bersiap-siaplah jalan jauuuh sekali...lumayan bikin gempor kaki hehehe...
Dubai Mall nya sendiri sama seperti mall-mall lainnya...cuma ini lokasinya luas banget....dan pas kesana pas ada sale akhir tahun... :)
Di Dubai Mall sendiri ada beberapa atraksi yang bisa dilihat, antara lain Dubai mall aquarium, observation deck Burj Khalifa, dan salah satu yang terkenal dan gratis adalah The Dubai Mall Water Fountain...
Pertunjukannya ada dari jam 6 sore sampai jam 11 malam setiap setengah jam sekali.
   
 Burj Khalifa

 The Dubai Mall Water Fountain

Biasanya turis dari Indonesia kalau jalan-jalan pasti mencari oleh-oleh. Nah di Dubai paling enak buat belanja oleh-oleh itu ya di Souk Madinah Jumeirah.... Ini kalau di Doha mirip dengan Souk Waqif :)
Kemarin pas di sana juga sempat ketemu serombongan turis dari Indonesia...lengkap dengan bahasa jawanya...heheheh

 Souk Madinah Jumeirah

Kalap kalau udah ketemu yang kayak gini :p


Turis yang datang ke Dubai rasanya belum afdol kalau belum foto di depan gedung ini.... :)
Burj Al Arab...lokasinya nggak jauh kok dari Souk Madinah Jumeirah...bisa jalan melipir di pedestrian.

Di depan Burj Al Arab


Salah satu yang terbaik dari tata kota Dubai adalah kanalnya.... Bersih...tertata rapih...walau itu hanya sebuah pelabuhan bongkar muat barang keperluan pasar tapi tetap teratur...tidak seperti pelabuhan bongkar muat yang biasa saya lihat selama ini....


 Pelabuhan bongkar muat 

Saking bersihnya kanal-kanal ini sampai bisa dijual untuk wisatawan....
Padahal ya hanya keliling-keliling kanal naik boat yang di design tradisional. Boatnya terdiri dari 2 tingkat, bagian bawah berupa ruangan lengkap dengan AC, meja kursi dan cafe, sedangkan deck atas terbuka dengan karpet dan bantal-bantal untuk duduk lesehan. Disini kita bisa menikmati pemandangan kota Dubai lengkap dengan iconnya Burj Khalifa yang nampak kecil di kejauhan.
   
Dari atas boat

Kota Dubai ini seperti halnya kota-kota lain di Jazirah Arab, dulunya adalah padang pasir. Cobalah jalan-jalan keluar sedikit dari Dubai downtown...nuansa gurun pasir sudah terasa...hehehe
Dan untuk lebih merasakan bagaimana rasanya gurun pasir yang sesungguhnya ada Desert Tour yang menjadi bagian dari paket tour Big Bus.
Dari meeting point di Wafi Mall, kami diantar dengan bus  menuju sebuah lokasi yang bernama Sahara desert. Lama perjalanan kurang lebih 45 menit.

 Sahara desert Dubai

Begitu memasuki gerbang kemah, kita langsung disambut dengan welcome drink berupa secangkir gahwa (kopi arab) dan kurma.
Sambil menunggu sunset, kita bisa menikmati fasilitas yang tersedia disini....  
Disini semua hiburan yang berbau Arab lengkap tersedia, dari tenda-tenda yang bisa disewa, restaurant, belly dancing, camel rides, henna painting, foto dengan falcon, dll.

 Falconnya sudah jinak, dan ada pawangnya juga...

3 tahun tinggal di Arab, baru kali ini naik onta :)

Henna painting

Belum afdol juga rasanya kalau sudah sampai di Dubai dan belum mengunjungi Atlantis Aquarium Dubai, lokasinya ada di Palm Jumeirah. Aquarium besar yang berisi ribuan ikan-ikan berbagai jenis.... Mirip Gelanggang Samudera di Jakarta.

 Atlantis Aquarium Dubai



Karena salah satu tujuan ke Dubai adalah kepengen nonton kembang api akhir tahun, maka dipilihlah hotel untuk menginap di seputaran Dubai Marina. Selain akses transportasinya mudah (dari metro ada jalur trem), pemandangannya juga bagus...
 Marina Dubai dari atas hotel intercontinental

 Marina Dubai

Karena ini adalah liburan akhir tahun, jadi sekalian pengen lihat pesta kembang api yang katanya salah satu yang terbaik di dunia.
Awalnya kami berniat nonton kembang api di Burj Khalifa karena disanalah pusat pesta kembang apinya...
Tapi dari informasi staff hotel, jalan-jalan menuju downtown akan ditutup mulai jam 3 sore, begitu juga akses metro dan trem dan baru dibuka lagi jam 4 pagi esok harinya....
Lhaaa...trus masa harus nunggu disana dari siang sampai pagi lagi...??? ooo tidaak....
Akhirnya diputuskan untuk nonton kembang apinya di Marina beach yang lokasinya hanya terpisah 1 block dari hotel tempat kami menginap....
Ternyata pertunjukannya emang keren...
Ada 3 lokasi pertunjukan, pertama di Palm Jumeirah, lalu pindah ke Burj Khalifa, lalu terakhir di Marina Dubai. Dan semua bisa dilihat dengan jelas dari Marina beach. Kereeen banget emang... :)

 
 Dubai Firework

Mudah-mudahan info ini bermanfaat buat yang kepingin main ke Dubai...











No comments:

Post a Comment