Wednesday, May 17, 2017

Mount Nebo, Mujib Valley, Al Shobak - Jordan #21 Dec 2016

Hari masih pagi, tapi kami harus segera bergegas untuk segera melanjutkan perjalanan.
Hari ini rencananya kami akan meninggalkan kota Amman menuju ke Petra dan menginap 2 malam di sana.
Setelah breakfast dan checkout dari hotel, kami menuju ke Mount Nebo.

Tempat ini dipercaya sebagai tempat dimana Nabi Musa diperlihatkan tentang Tanah Perjanjian.
Berada di ketinggian 2,780 ft dpl kita bisa memadang ke berbagai tempat yang disebutkan dalam Kitab Ibrani.

Arah yang menunjukkan lokasi

Di tempat ini pula dipercaya Nabi Musa dimakamkan, namun tempat yg sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. Karena itu pada akhir abad ke 5 dibangun sebuah gereja Bizantine sebagai penanda.
Dan sebagai simbol perdamaian dibuatlah patung simbol ular perunggu yang diciptakan oleh Musa di padang gurun dan simbol Salib yang disebut The Branzen Serpent.

The Brazen Serpent, Mount Nebo

Bagian dalam gereja yang dipenuhi ornament mozaic

Museum yang berlokasi di sebelah gereja

Dari Mount Nebo kami diantar ke sebuah tempat....agak terpencil diatas sebuah bukit...tempatnya private bukan tempat wisata. Ternyata tempat itu dulunya adalah rumah tinggal yang dihuni oleh sebuah keluarga.
Konon ceritanya pada suatu hari ketika sang ibu sedang memasak di dapur, di lantai tempat tungku dinyalakan muncul sebuah gambar. Oleh sang anak dilaporkan ke guru sekolahnya, yang kemudian dilaporkan ke pemerintah setempat.
Setelah diteliti ternyata gambar di lantai tersebut adalah mozaic seperti yang ditemukan di Bizantine Church.
Akhirnya keluarga ini berkenan rumahnya diteliti dengan syarat bentuk rumahnya tidak boleh diubah bentuknya, tetap seperti sedia kala sebagai bukti kepada anak cucunya kelak bahwa keluarga mereka pernah tinggal disitu.

Lantai Mozaic

Hanya sebentar di tempat ini, perjalana kami lanjutkan menuju tempat souvenir.
Tempat ini merupakan workshop dan juga toko yang menjual berbagai souvenir khas Jordan. Bedanya adalah sebagian keuntungan yang didapat disalurkan untuk penyandang disabilitas yang dikelola oleh Ratu Rania.
Di tempat ini kita bisa melihat para pengrajin mengerjakan karya seninya.

Workshop

Toko Souvenir

Setelah puas berbelanja souvenir, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Petra.
Di tengah perjalanan, kami menyampaikan ke Annas sang driver, jika ada pohon Tien bolehlah kami berhenti sejenak, karena ini merupakan salah satu nama buah yang disebutkan dalam Al Quran.
Selama ini kami hanya mengetahui buah kering dan selai/jam nya saja...sedangkan pohonnya belum pernah lihat. Ternyata di Jordan pun sudah mulai jarang ditemukan pohon buah ini.
Akhirnya keinginkan kami terkabul. Annas melihatnya dipinggir jalan, di depan sebuah rumah.

Pohon Tien

Buah Tien

Sekarang perjalanan dilanjutkan menuju Al Shobak Castle. Untuk menuju ke tempat ini kami melewati sebuah tempat yang benama Mujib Valley (Wadi Mujib)....the little grand canyon in middle east...
Di tengah perjalanan sang driver meminta kami untuk menutup mata, dan pada hitungan ke 10 kami diminta membuka mata...dan masyaaAllah...pemandangannya sungguh menakjubkan....

Mujib Valley

Sebelum hari mulai gelap, kami bergegas menuju ke Al Shobak Castle.
Ditengah perjalanan mendekati Al Shobak castle, di pinggir jalan kami melihat sesuatu yang unik....
Sebuah mobil VW kodok yang diubah menjadi hotel terkecil di dunia...dan katanya benar lho...tempat itu disewakan.... :)

The smallest hotel in the world dengan latar belakang Al Shobak Castle di puncak bukit

Dan benar saja, sesampainya Al Shobak sudah sepi pengunjung, padahal baru jam 4.30 sore. Sampai kami harus berlari-lari dari tempat parkir menuju ke castle nya, padahal jaraknya lumayan jauh dan menanjak ke atas bukit.....
Sesampainya di pos penjaga, katanya sudah tutup...hiks...akhirnya dengan sedikit bujuk rayu kami diperbolehkan masuk sebentar.

Castle ini walaupun sbg alternatif tujuan tapi cantik & worth utk dikunjungi. Awal itinerary seharusnya ke Karak castle akan tetapi krn 2 hari yg lalu ada inisiden penembakan turis maka demi keamanan dialihkan kesini.....
Pd puncak winter daerah ini tertutup salju, termasuk salah satu tempat tertinggi di Jordan (1330m).....
Seperti tempat lain, castle ini dulunya dipakai sebagai benteng pertahanan.

Al Shobak Castle

Bagian atas castle

Pemandangan dari ketinggian

Nggak lama di tempat ini, karena hari mulai menjelang gelap dan dingin luar biasa.
Setelah numpang sholat dan disuguhi teh panas dan kopi, kami segera melanjutkan perjalanan ke Petra.

Setelah malam menjelang, akhirnya sampailah kami di Petra.

Petra Guest House Hotel

Pemandangan yang cantik dari hotel